Senin, 29 Januari 2018

Manfaat Mesin Heat Press Untuk Sablon Kaos



Mesin press kaos atau mesin heat press menjadi perangkat wajib bagi seorang pengusaha kaos. Bahkan, penggunaan mesin ini tidak bisa lepas, mulai dari proses awal hingga tahap akhir. Misalnya, dipakai untuk memindahkan gambar dari bahan polyflex menuju media cetak lain, sarana untuk menempelkan pola ke bahan polyflex, atau bisa pula digunakan untuk menghaluskan hasil sablon.

Terkadang ada juga jasa sablon kaos yang tidak menggunakan mesin press kaos / heat press ini dan lebih memilih hairdyer/ setrika dalam proses sablon kaosnya. Sebetulnya tidak masalah menggunakan, setrika, hairdyer dalam sablon kaos, namun perlu digaris bawahi, hal tersebut akan berdampak pada hasil akhir sablon kaos nya. Untuk itu akan kami bahas tentang pentingnya menggunakan mesin press untuk sablon kaos.


Manfaat Mesin Heat Press Untuk Sablon
  • Dapat meluruskan bagian yang kusut / meratakan permukaan kaos sebelum dilakukannya proses pre-treatment.
  • Untuk mengeringkan cairan pre-treatment pada pori-pori kaos sebelum kaos dicetak dengan printer DTG.
  • Untuk finishing setelah dilakukannya pemberian cairan epoxy untuk merekatkan tinta textile pada kaos agar awet.
  • Mengeringkan, mematangkan, agar tinta textile benar-benar kering, tidak luntur/ basah, dan memastikan bawah tinta telah menyatu kuat dengan serat kaos.
  • Membuat tinta textile yang telah disablon pada kaos lebih kuat serta apabila kaos dicuci tinta tidak mudah luntur / memudar.
  • Dapat menempelkan hasil cutting polyflex maupun transfer paper seperti nama/ nomer punggung jersey bola serta logo/ gambar pada media kaos dan hoodie.
  • Membuat texture sablon lebih halus jika diraba tangan (soft handfeel).
  • Mampu melakukan press dengan hasil akurat dalam waktu yang singkat dalam hitungan detik saja.
  • Mudah dalam pengoperasian, cocok untuk kebutuhan semua jenis teknik sablon kaos, baik manual, dtg, cutting dan yang lainnya.

Pengguna juga boleh menggunakan "Hairdryer" hanya untuk memberikan angin-aginan agar tinta tidak begitu basah sebelum di press dengan mesin heat press. karena "Haidryer" atau setrika tidak bisa mematangkan, menghaluskan serta merekatkan tinta textile pada pori-pori kaos dengan akurat. Bisa juga menggunakan hotgun / alat penetralisir penurunan tinta textile yang kini telah banyak dijual di pasaran dengan harga relatif murah. 

Sebelum anda membeli mesin heat press ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan. Selain agar mendapat mesin yang berkualitas tentunya juga dengan harga yang sesuai dengan budget anda. Berikut beberapa hal yang harus anda pertimbangkan saat membeli mesin heat press.

  • Cek Daya Listrik Rumah
    Sebelum membeli pastikan daya listrik mencukupi untuk mesin press kaos yang akan anda beli. Biasanya mesin press kaos yang sering digunakan adalah mesin press kaos yang memiliki daya 500Watt-1000Watt.
  • Ukuran Mesin Press Kaos
    Selain daya anda juga harus memperhatikan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan anda jangan sampai ukuran yang anda press hanya untuk gambar atau tulisan kecil tapi anda terlalu besar atau sebaliknya, justru anda akan rugi diawal yang mungkin anda seharusnya perlu untuk membeli perlengkapan lain tapi uang anda kurang. Untuk jenis usaha sablon kaos ukuran mesin press kaos standartnya 29×38, 38×38, 31×43, 40×60 dll.
  • Panas Mesin Press Kaos Rata
    Meskipun kaos sudah diratakan dulu dengan sebaik-baiknya, selalu ada bagian yang lebih menonjol daripada bagian lainnya. Pastikan landasan (bagian bawah) press empuk dan flexible. Landasan seperti ini memastikan panas dari platen heater menyebar secara merata karena setiap bagian mendapat tekanan yang sama. Tekanan yang kurang rata membuat bagian-bagian ujung dari bahan sablon sering kurang menempel dengan sempurna. Hal ini biasanya terasa untuk gambar dengan ukuran besar (ukuran A4 atau lebih). Selain itu pastikan anda membeli mesin press kaos yang ada garansi minimal 1tahun, karena dengan begitu anda tidak perlu kuatir jika terjadi kerusakan.
  • Perhatikan Fitur Ini
    1. Menggunakan SAB (Self Adjustable Baseplate) yang bisa menyesuaikan sudut heater, sehingga tekanan lebih rata.
    2. Finishing Powder Coating, sehingga mesin lebih tahan gores & tidak berkarat.
    3. Dibuat dengan teknologi dye casting dengan aluminium material sehingga lebih presisi & tahan lama.
    4. Handle bar dan per menggunakan besi ber-chrome sehingga tidak berkarat.
    5. Heater plate dilapisi Black Teflon Coat supaya tidak lengket dan lebih awet.
  • Budget
    Setelah mempertimbangkan faktor faktor di atas, maka pertimbangkan juga budget anda. Bila anda adalah pemula dan memiliki modal yang masih terbatas, maka pilihlah mesin press kaos digital yang murah. Tapi jika anda memiliki budget lebih, anda bisa memilih mesin press kaos yang lebih bagus dengan harga yang lebih mahal.



Untuk info tentang mesin digital bisa hubungi kontak WA:087851691057 atau Email:bengkel.print@yahoo.com.








Memilih Printer DTG Berkualitas

Memilih Printer DTG Berkualitas Jika anda sedang tertarik untuk membuka usaha sablon tentu anda harus menyiapkan segala keperluan u...