Selasa, 30 Januari 2018

Membuat Ukiran Lebih Mudah Menggunakan Mesin Grafir






Mesin grafir laser  adalah alat ukir canggih yang penggunaannya cukup mudah untuk operasional dengan perantara komputer untuk edit dan fungsinya. Biasanya untuk menggores/ mengukir pada benda padat seperti kayu, akrilik, tembaga, kaca dll. mesin grafir laser juga merupaan alat potong dan marking untuk sebuah benda, untuk menghasilkan bentuk, ukiran dan potongan sesuai dengan yang kita inginkan.

 Mesin ini membuat proses pengukiran berjalan jauh lebih cepat. Dengan mesin ini, Anda bisa memproduksi produk-produk ukiran dengan lebih mudah. Tidak ada lagi proses produksi manual yang memakan waktu lama. Bahan bahan yang dapat di ukir menggunakan mesin ini adalah akrilik, kayu dan kaca. bahan lain yang dapat digunakan yaitu plastik, tembaga, kulit, PVC aluclat dan lain sebagainya. Dengan kata lain mesin grafir dapat dipakai semua benda yang memiliki permukaan datar. Namun tidak menutup kemungkinan digunakan pada bahan yang tidak rata dan bergelombang.

Jenis jenis mesin grafir pun beragam, namun secara umum mesin grafir terbagi menjadi dua jenis. yakni mesin grafir manual dan mesin grafir otomatis. Mesin grafir manual masih menggunakan metode manual dan memakan waktu yang cukup lama dalam pengerjannya.Tingkat akurasi pada mesin grafir manual terbilang rendah. Meski demikian hasil dari proses pengukiran manual memiliki nilai seni yang tinggi.

Berbeda dengan mesin grafir manual, mesin grafir otomatis membutuhkan waktu singkat karena mesin yang mengambil alih proses pengerjaannya. Mesin grafir otomatis memiliki tingkat akurasi yang tinggi sehingga memberikan kemudahan dalam mengukir. Tentu saja harga mesin grafir otomatis lebih mahal dari mesin grafir manual.


Tipe Mesin Grafir Yang Tersedia Di Bengkel Print

  • Mesin Grafir Mini T320
    Merupakan mesin grafir mini untuk alat potong media non logam seperti kertas, kayu, bambu, akrilik, mdf, triplek, dll. Untuk pembuatan gantungan kunci, plakat, souvenir, lampu akrilik, dan masih banyak fungsi lainnya sesuai kreatifitas Anda.

    Mesin ini tidak menghabiskan banyak ruang karena ukurannya yang kecil. Mesin ini hanya membutuhkan daya sekitar 300 watt saja dan dapat di operasikan menggunakan Corel Draw.
  • Mesin Grafir Laser KR530
    Mesin Grafir KR530 memiliki area grafir yang lebih besar dibandingkan tipe T320. Area grafir KR530 sebesar 30 x 50cm. Anda bisa memproduksi produk-produk yang lebih besar. Harganya pun tidak terlalu mahal dibandingkan dengan mesin grafir merk lain.
  • Mesin Grafir Laser KR1410
    Mesin Grafir KR1410 memiliki area grafir yang lebih besar dibandingkan tipe T320 dan KR530. Struktur mesin lebih kuat tahan getaran, kinerja listrik yang stabil, power ganda berkecepatan tinggi ukiran dan pemotongannya, presisi tinggi.

    Panduan impor rel dilengkapi dengan mesin berjalan terus, kedalaman ukiran dapat disesuaikan secara otomatis. Hasil akhir pemotongan tidak tajam dan tidak perlu memoles/ menghaluskan. Ini adalah ukiran terintegrasi, gambar model  scanning, kelas mengukir dan memotong.

Bagaimana cara anda menggunakan mesin grafir sangat mempengaruhi kualitas hasil ukiran. Sebelum menggunakan mesin grafir pastikan mesin telah terhubung dengan sumber tegangan listrik, lalu hubungkan mesin dengan komputer setelah itu anda bisa menyalakan mesin dan memulai proses mengukir. Sebaiknya gunakan buku petunjuk untuk menghindari resiko kerusakan mesin.

Sangat penting untuk merawat mesin grafir agar tetap dapat beroperasi dengan baik. Membersihkan mesin secara rutin, khususnya setelah selesai digunakan akan menjaga mesin dari debu ataupun kotoran lain yang bisa mengganggu performa mesin. Jangan lupa untuk membersihkan focus lens dan reflection lens dengan cotton stick yang telah dilumuri alcohol, terlebih setelah menggunakan mesin grafir untuk mengukir material berbahan karet atau semacamnya.

Untuk menjaga mesin grafir dari pemadaman listrik mendadak, ada baiknya Anda memasang UPS. Tegangan listrik yang terputus secara tiba-tiba bisa berakibat fatal pada komponen elektronik yang ada di dalam mesin grafir. Pada musim dingin dan saat kelembaban udara tinggi, embun bisa masuk ke dalam laser tube. Karena itu usahakan untuk membuang air yang ada di dalam laser tube untuk memperpanjang masa pakai mesin grafir.




*Untuk info tentang mesin digital bisa menghubungi kami via WA:087851691057 dan email:bengkel.print@yahoo.com


Memilih Printer DTG Berkualitas

Memilih Printer DTG Berkualitas Jika anda sedang tertarik untuk membuka usaha sablon tentu anda harus menyiapkan segala keperluan u...