Selasa, 06 Februari 2018

Jenis Dan Fungsi Tinta Digital Printing



Tinta adalah salah satu bagian penting dalam proses printing. karena jika tidak ada tinta kita tidak dapat mencetak dengan sempurna. Tinta print yang dijual di pasaran pun cukup banyak, anda bisa membelinya sesuai fungsi dan kebutuhan anda.

Masing masing tinta memiliki kekurangan dan kelebihan. Ada tinta yang tahan terhadap panas matahari, tinta tahan air, tinta tidak mudah luntur dan sebagainya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.


Tinta Printer Pigment (Durabrite)



Jenis tinta ini diformulasi dari air, diluent, colorant pigmen, dan bahan lainnya. Bisa dikatakan tinta printer pigment atau durabrite ini adalah jenis tinta berkualitas karena mampu mencetak dokumen bentuk gambar maupun tulisan dengan hasil yang tajam, pekat, dan tahan air. Jika tinta ini terlalu lama tidak digunakan maka catridge tinta akan tersumbat dan akan mengering serta mengendap pada nozzle head. Jenis-jenis tinta printer pigment :
  • Art Paper Ink untuk digunakan di percetakan skala kecil maupun besar dengan menggunakan kertas ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color.
  • Art Paper Korea untuk foto yang membutuhkan kualitas bagus dan tahan lama. Hasil cetak art print korea lebih halus dan tajam.
  • Art Paper China untuk hasil cetak art paper china lebih natural dan lebih tahan lama serta tidak pudar meskipun terkena sinar matahari.

Tinta Printer Dye Base



Adalah jenis tinta yang terbuat dari dominan bahan air dicampur dengan colourant dan dapat tercampur dengan baik. Tinta ini banyak digunakan untuk printer standard karena hasil warna yang cerah. Tinta ini biasa digunakan pada media seperti kertas HVS, glossy paper, inkjet paper, canvas, PVC ID card dan lain sebagainya. Namun hasil cetak dari tinta ini tidak dapat terkena sinar matahari karena akan luntur dan gampang pudar.

Tinta Sublimation Ink


Merupakan jenis tinta yang sering digunakan oleh pengguna infus printer. Tinta ini umumnya digunakan untuk mencetak bahan sablonan seperti topi, kaos, mug, dan pin. Selain tahan terhadap air dan degradasi yang lebih kuat, tinta ini juga lebih ekonomis dan lebih efisien serta hasil sablon dapat di setrika langsung. Kekurangan tinta ini adalah resiko printhead tersumbat lebih besar.

Tinta Solvent

Solvent merupakan jenis tinta yang digunakan untuk mencetak banner, spanduk, billboard, neonbox, dan outdoor printing lainnya. memiliki kualitas sangat baik karena hasil cetak tinta ini tahan air dan tahan terhadap sinar matahari lebih lama dibanding jenis tinta lainnya. Tinta ini terbuat dari cat duco dan campuran bahan-bahan lainnya. Kekurangan dari tinta ini adalah memiliki bau yang sangat menyengat.

Tinta Eco-Solvent
Merupakan jenis tinta dengan kualitas dan fungsi yang mirip dengan tinta solvent, namun tinta ini tidak terlalu tahan terhadap sinar matahari sehingga hanya digunakan untuk indoor printing saja. Tinta ini memiliki bau yang tidak terlalu menyengat seperti tinta solvent. 

Tinta Textile DTG


Adalah tinta yang diformulasikan khusus untuk mesin printer DTG dan sangat berbeda dengan tinta manual. Tinta DTG didesain khusus agar sesuai dengan head print yang umumnya berjenis head piezzo. Hasil cetakan tajam, cerah, halus dan tahan luntur. Tinta ini juga dapat digunakan pada kain tetoron, kain lacoz, kain polo, kain TC- Hijet, dan  jenis kain lainnya.

Saat ini Tinta DTG yang beredar di Indonesia masih didominasi oleh para produsen dari Amerika, Jepang, atau Jerman. Meskipun banyak merk tinta DTG (ink textile) di pasar DTG Indonesia, tetapi secara umum hanya beberapa merk yang telah diakui kualitasnya dan banyak digunakan.
  • Dupont
    Dupont sendiri adalah Tinta DTG yang diproduksi oleh Pabrik Dupont di Amerika. Banyak yang menganggap Dupont adalah tinta dengan kualitas no.1 di Indonesia. Selain karena sifatnya yang tidak mudah luntur, Dupont juga menghasilkan warna yang terang dan semakin cocok untuk digunakan pada kaos dengan bahan katun. Tetapi untuk jenis kain yang seratnya mengandung poliester, maka perlu treatment khusus sebelum dicetak menggunakan tinta DTG ini. Ada dua jenis tinta Dupont, White dan Color.
  • Germany Ink
    Germany Ink adalah generasi terbaru dari tinta textil/ tinta DTG dengan kwalitas terbaik. Jika anda ingin mengandalkan mutu dan kwalitas hasil, anda bisa beralih dengan tinta yang satu ini. Germany Ink ini satu tingkat dibawah tinta colour dupont original.
  • Bold Ink
    Tinta DTG Bold Ink ini merupakan racikan tinta terbaru dari Bengkel Print, bisa dibilang tinta ini merupakan Germany Ink versi PREMIUM-nya karena kualitas tinta sudah ditingkatkan dari Tinta DTG sebelumnya.

    Formula terbaru untuk tinta DTG, tinta textil made in Jerman dengan kwalitas terbaik. Tinta kami sudah melewati tes ujicoba dan penyaringan micro filter di pabrikan dengan kwalitas dan terbukti tidak terdapat endapan dalam penyimpanan 1 bulan sekalipun. Kelebihan dari tinta ini yaitu memiliki hasil cetak yang lebih tajam dan terang serta tahan lama. tetap awet meskipun dicuci berkali-kali dan warna tidak akan berubah sesudah press.


Di Bengkel Print tersedia berbagai jenis tinta textile DTG dengan kualitas terbaik dan harga yang bersaing lengkap dengan cairan pre-treatment yang berfungsi untuk melapisi kaos agar tinta putih dapat menempel pada kaos.




*Untuk info tentang mesin digital bisa menghubungi kami via WA:087851691057 dan email:bengkel.print@yahoo.com


Memilih Printer DTG Berkualitas

Memilih Printer DTG Berkualitas Jika anda sedang tertarik untuk membuka usaha sablon tentu anda harus menyiapkan segala keperluan u...