Minggu, 04 Februari 2018

Pentingnya Proses Pre-Treatment Pada Saat Mencetak Kaos DTG




Printer DTG (Direct To Garment) adalah teknologi terbaru dari sablon kaos. Untuk melakukan penyablonan kaos menggunakan printer DTG ada beberapa yang perlu diperhatikan agar hasil sablon sesuai dengan yang diinginkan. 

Penting untuk diketahui bahwa untuk cetak kaos printer DTG ini memiliki beberapa tahapan yang tidak boleh terlewatkan dalam proses sablon kaos. Apabila terlewatkan bisa mengakibatkan hasil sablon kaos DTG kurang optimal. Salah satu tahapan itu adalah tahapan pre-treatment. 

Pre-treatment adalah proses dasar untuk menghasilkan tinta putih agar terlihat pekat. Proses ini akan sangat menentukan kualitas dari hasil printing DTG. Karena itu penggunaannya harus hati-hati agar ketika proses penyemprotan tidak sampai mengenai head print karena akan menyebabkan head print buntu, penggunaan pre-treatment harus dilakukan di ruangan terpisah. 


Cara Melakukan Pre-Treatment

  • Untuk menghilangkan kelembaban pada kaos lakukan pengepresan menggunakan heat press pada suhu 165 derajat celcius selama 10 detik.
  • Semprot kaos yang sudah dipress dengan cairan coating pada area yang akan dicetak desainnya. Gunakan tekanan udara yang besar dengan jarum kompresor yang kecil sehingga semprotannya halus. Untuk desain A3 kira-kira memerlukan cairan coating sebanyak 10 cc.
  • Biarkan kaos yang telah disemprot dengan coating selama 5 menit agar cairan coating meresap ke serat kaos.
  • Tutup kaos dengan kertas HVS kemudian press lagi dengan heat press pada suhu 165 derajat celcius selama 10 detik dengan tekanan rendah.
  • Lepaskan kertas HVS kemudian press kembali kaos dengan heat press pada suhu 165 derajat celcius selama 20 detik.


Untuk kaos dengan warna terang, tidak perlu melalui proses pre-treatment.

Proses print kaos. Kaos yang telah dilakukan pre-treatment dipasang pada tatakan mesin printer. Pastikan permukaan kaos yang akan diprint rata dan tidak berkerut. Kemudian start printer. Pastikan kaos benar benar dalam keadaan kering setelah proses pre-treatment.



*Untuk info tentang mesin digital bisa menghubungi kami via WA:087851691057 dan email:bengkel.print@yahoo.com



Memilih Printer DTG Berkualitas

Memilih Printer DTG Berkualitas Jika anda sedang tertarik untuk membuka usaha sablon tentu anda harus menyiapkan segala keperluan u...